Powered By Blogger

Senin, 27 Desember 2010

suara hati si ayam betIna

Pagi ini aku berangkat ke kampus pagi sekali, seperti biasa nebeng sama tante yang juga berangkat ke kantor.pagi yang sejuk, pikirku. tanteku yang pendiam digabung dengan aku yang juga pendiam(tapi aneh, teman-temanku tidak mengakuinya) menjadikan setiap pagi sunyi yang sejuk. Tanteku menginjak rem secara tiba-tiba. Aku kaget, kucondongkan badanku ke depan sambil mendongakkan kepala untuk melihat-ada-apa-gerangan.
aku melihat seekor ayam betina hitam yang sedang sendu,terpaku ditengah jalan. tanteku mencoba menekan klakson beberapa kali, namun ayam itu tetap diam dan menatap iba ke arahku. dapat ku lihat dari sorot matanya, dia ingin berkata" bunuh saja aku, tabrak saja aku, aku tak sanggup lagi menahan rasa sakit ini." aku coba melirik ke sekeliling, ku dapati seekor ayam jantan yang gagah sedang berjalan dengan seekor ayam betina coklat yang
anggun. Oh, ternyata jantan itu yang telah membuatnya kecewa. hem..kasihan...aku keluar dari mobil untuk menghiburnya.

" ayam, biar kamu memiliki bulu yang hitam, tapi aku tahu kamu memiliki hati dan telur yang putih. jangan sedih ayam, masih banyak pejantan yang senang dengan betina hitam mengkilap dengan hati putih sepertimu.berdamailah dengan hatimu sendiri, pantaskanlah dirimu untuk menjadi yang dipilih. aku janji nga bakal ceritakan semua ini pada siapapun." ayam itu mengangkat kepalanya dan matanya berkaca-kaca seakan semangatnya terlahir lagi. aku dapat melihat senyumnya dan mendengarkannya berkata " terimakasih tuan",aku tersenyum. "Ganbatte ayam", ayam itu terbang rendah sambil berkotek.hem..akhirnya si ayam minggir juga.
"-nia-bilang-apa-sama-si-ayam?"-tanya-tanteku.
"biasalah tante, ayam kamu cantik de...kamu yang menguasai jalan ini ya?permisi ya, aku mau ke kampus, da telat ni...nanti pulang kampus aku beliin "Jagonya ayam"."
"ooh..", tanteku datar, " hahahaha", dan akhirnya tertawa juga.

tenang ayam hitam, aku tidak akan menceritakannya pada siapapun. seperti janjiku. bisikku dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar